PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

LAILA, ZAENA NUR ULFA (2011) PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,344 > 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,59 > 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,47 > 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 06:41
Last Modified: 26 Jul 2011 20:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13604

Actions (login required)

View Item View Item