KOMSATUN, SITI (2011) PENERAPAN METODE GENERATIVE LEARNING MELALUI STRATEGI GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (131kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan metode Generative Learning melalui strategi Guided Teaching dan (2) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan metode Generative Learning melalui strategi Guided Teaching. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Karanganom, yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa meliputi: a) bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan, sebelum tindakan 38,2% dan di akhir tindakan 58,8 %. b) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 35,2% dan di akhir tindakan 64,7%, c) mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 44,1% dan di akhir tindakan 73.5%, d) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 29,4% dan di akhir tindakan 67,6%, e) menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 29,4% dan diakhir tindakan 58,8%.. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Generative Learning melalui strategi Guided Teaching dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, keaktifan, generative learning, guided teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 06:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 20:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13603 |
Actions (login required)
View Item |