Maharani, Arum Kartika (2011) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI GROUP RESUME DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK di MAN Kendal Pada Pokok Bahasan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas XI IPA 3 Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (353kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf Download (60kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran matematikan melalui strategi pembelajaran group resume dengan pemberian tugas terstruktur, dan (2) mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran matematika siswa melalui strategi pembelajaran group resume dengan pemberian tugas terstruktur. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN Kendal, yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan partisipasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengajukan pertanyaan kepada guru atau kelompok presentasi sebelum tindakan sebesar 5,7%, putaran I sebesar 20%, dan di akhir tindakan sebesar 37,1%, b) menjawab pertanyaan atau mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 11,42%, putaran I sebesar 37,1%, dan di akhir tindakan sebesar 68,57%, c) membuat kesimpulan materi baik secara individu maupun kelompok sebelum tindakan 0%, putaran I sebesar 22,86%, dan di akhir tindakan sebesar 62,86%, dan (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan sebesar 40 %, putaran I sebesar 68,57 %, putaran II sebesar 88,57 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi group resume dengan pemberian tugas terstruktur dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, prestasi belajar, group resume, tugas terstruktur. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 04:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13594 |
Actions (login required)
View Item |