IDAWATI, IDAWATI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (532kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (347kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (341kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dengan menerapkan model pembelajaran rotating trio exchange dengan menggunakan superitem. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, metode tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Peningkatan minat belajar siswa terhadap matematika terlihat dari siswa yang 1) mempersiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai sebelum tindakan 12,82% dan setelah tindakan 45%, 2) siswa yang berani mengungkapkan ide/gagasan sebelum tindakan 20,51% dan setelah tindakan 52,5%, 3) aktif dalam proses tanya jawab sebelum tindakan 23,07% dan setelah tindakan 57,5%, 4) mengerjakan PR dengan baik sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 87,5%, 5) mampu menyimpulkan hasil pembelajaran sebelum tindakan 25,64 % dan setelah tindakan 80 %. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM 60 sebelum tindakan 38,46 % dan setelah tindakan 95 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-34 |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran rotating trio exchange, superitem, minat belajar, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:34 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13593 |
Actions (login required)
View Item |