Yulianti, Yulianti (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (85kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan Open-Ended siswa di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Open-Ended siswa di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) antusias siswa dalam bertanya sebelum tindakan 7,40% meningkat menjadi 44,44% setelah tindakan, b) antusias siswa dalam mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 11,11% meningkat menjadi 51,85% setelah tindakan, c) antusias siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 22,22% menjadi 59,26% setelah tindakan, d) antusias siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 14,81% menjadi 55,55% setelah tindakan, dan (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 37,04 % meningkat menjadi 74,07% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, prestasi belajar, Open-Ended. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:21 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 04:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13589 |
Actions (login required)
View Item |