PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI COLLABORATIVE LEARNING DENGAN LEMBAR KERJA ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2010 / 2011

HAPSARI, VIKAWATI NUR (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI COLLABORATIVE LEARNING DENGAN LEMBAR KERJA ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Collaborative Learning dengan Lembar Kerja. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 1 Teras. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan - peningkatan aspek minat berikut ini : (a) Kemauan siswa mempersiapkan buku pelajaran dengan tepat sebelum tindakan 40,625% dan setelah tindakan 78,125%. (b) Perhatian siswa saat guru menyampaikan materi dengan tepat sebelum tindakan 34,375% dan setelah tindakan 75%. (c) Kemauan siswa untuk mengungkapkan ide atau pendapatnya dengan tepat sebelum tindakan 31,25% dan setelah tindakan 71, 875%. (d) Kemauan siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dengan tepat sebelum tindakan 28,125% dan setelah tindakan 68,75%. (e) Kemauan siswa mengerjakan lembar kerja di depan kelas dengan tepat sebelum tindakan 21,875% dan setelah tindakan 71,875%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Collaborative Learning dengan lembar kerja dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, minat, collaborative learning, lembar kerja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:18
Last Modified: 26 Jul 2011 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item