PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

DEWI , RATNA SHINTA (2011) PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (bab I)
BAB_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Ratna Shinta Dewi, A 210 070 006, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Surakarta, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adanya pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru, 2) adanya pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, 3) adanya pengaruh latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuatitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dengan jumlah 40 orang. Seluruh guru diambil sebagai subjek penelitian, sehingga disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2. Hasil analisis persamaan regresi Y= 9,352+0,330X1+0,477X2 artinya profesionalisme guru dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar. Berdasarkan hasil diatas, maka diambil kesimpulan 1)latar belakang pendidikan berpengaruh positif dengan profesionalisme guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t hitung sebesar 2,262 dengan probabilitas 0,030 pada taraf signifikan 5%. 2) pengalaman mengajar berpengaruh positif dengan profesionalisme guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t hitung sebesar 3,951 dengan probabilitas 0,000 pada taraf signifikan 5%. 3) latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar berpengaruh positif dengan profesionalisme guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh F hitung sebesar 13,881 (13,881 > 3,23) dengan probabilitas sebesar 0,000 (P < 0,05), hal ini berarti variable latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profesionalisme guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-22
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2011 10:13
Last Modified: 25 Oct 2011 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item