WIDYASTUTI, WIDYASTUTI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (251kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan menemukan masalah utama berita, menganalisis kemampuan siswa kelas VIIIA SMP N 2 Sidoharjo menemukan masalah utama setelah mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC, serta mengetahui penerapan dan hambatan metode CIRC. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Ajaran 2010/2011 mulai bulan Januari sampai Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA sebanyak 30 siswa pada semester 2. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Validitas Data yang digunakan adalah validitas data model Hopkins. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata hasil evaluasi kemampuan menemukan masalah utama berita siswa kelas VIIIA SMP N 2 Sidoharjo sebelum tindakan yaitu 53,83 dengan ketuntasan klasikal 13,33%. Pada siklus I nilai rata-rata yaitu 39,67 dengan ketuntasan klasikal 3,33%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,67 dengan ketuntasan klasikal 70%. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa nilai evaluasi mengalami pasang surut. Hambatan selama penerapan metode CIRC yaitu: (1) Kondisi siswa yang tidak siap menerima pelajaran, (2) Siswa masih ramai dalam pembagian kelompok, (3) Sikap individu masih terlihat dalam kerjasama kelompok, (4) Kemampuan membaca dan memahami bacaan yang kurang baik, (5) Teks yang terlalu panjang. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu: (1) Mengkondisikan dan memotivasi siswa untuk siap belajar, (2) Mengatur siswa agar segera berkelompok, (3) Menerapkan langkah-langkah CIRC dengan tepat, (4) Membiasakan membaca bacaan agar kemampuan membaca meningkat, dan (5) Mengganti teks yang mudah dipahami oleh siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A310/2011-32 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menemukan masalah utama berita, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil belajar dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 08:26 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 03:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13514 |
Actions (login required)
View Item |