EFEKTIVITAS PELATIHAN PUBLIC SPEAKING TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PRESENTASI PADA MAHASISWA

Saputro, Eko (2008) EFEKTIVITAS PELATIHAN PUBLIC SPEAKING TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PRESENTASI PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100010205.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
F100010205.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

Mahasisiwa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta mengalami kecemasan presentasi. Hal ini diungkapkan oleh beberapa mahasiswa yang diwawancarai peneliti pada awal penelitian. Perasaan grogi, jantung berdetak kencang, keringat bercucuran di seluruh tubuh, kaki bergetar, kata-kata yang telah disusun rapi untuk diutarakan seketika hilang, merasa selalu dievaluasi oleh orang lain atas setiap perbuatannya, takut ketika nantinya ada pertanyaan dari audien, presentasi merupakan pekerjaan yang menakutkan. Kecemasan presentasi merupakan perasaan tidak menyenangkan atau perasaan-perasaan takut dalam menyampaian gagasan atau ide jujur di depan audien secara verbal maupun nonverbal dengan berbagai macam teknik untuk melibatkan audien. Berawal dari masalah diatas maka peneliti mencoba membuat solusi dengan melakukan penelitian yang bersifat eksperimental dengan perlakuan berupa pelatihan public speaking. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meneliti efektivitas pelatihan public speaking dalam penurunan kecemasan presentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2005 yang diambil dengan teknik random sampling. Secara random dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelomok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket kecemasan presentasi sedangkan analisis hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t yang penghitungan selengkapnya menggunakan SPSS 11,5 for windows program. Hasil analisis data, melalui uji-t diperoleh nilai t kelompok eksperimen sebelum mengikuti pelatihan dengan sesudah mengikuti pelatihan sebesar 11,316 dengan probabilitas 0,000 (p<0,01). Hasil ini berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara sebelum mendapatkan pelatihan public speaking dengan setelah mendapatkan pelatihan public speaking. Kelompok kontrol sebelum pelatihan dengan setelah pelaksanaan pelatihan diperoleh nilai t sebesar 0,256 dengan probabilitas 0,803 (p>0,005). Hasil ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan kecemasan presentasi antara pengisian angket kecemasan presentasi yang pertama dengan waktu yang kedua. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan public speaking sangat efektif untuk menurunkan kecemasan presentasi bagi mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelatihan public speaking, kecemasan presentasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2009 07:02
Last Modified: 24 Feb 2011 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item