WATI, RETNO INDAR (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (139kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB1.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB2.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB3.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB5.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK (Visual, Auditory, dan Kinestetic) pada siswa kelas VIIIC di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIIIC di SMP Muhammadiyah berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, yakni: murid, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah, tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini laksanakan melalui tiga siklus. Penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK sebesar 75% dari 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa penggunaan pendekatan VAK dapat meningkatkan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Hal tersebut dibuktikan oleh (1) kualitas proses pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa meningkat. Hal ini terbukti dari minat dan motivasi siswa, konsentrasi siswa terfokus, dan siswa aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan, (2) adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan. Hal tersebut dibuktikan oleh pemerolehan nilai dan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM yang ditentukan pihak sekolah sebesar 65. Pada prasiklus nilai siswa yang memenuhi KKM sebanyak 18 (53%) dari 34 siswa. Kemudian setelah penerapan pendekatan VAK pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 21 (61,76%) dari 34 siswa, pada siklus II siswa yang mendapat skor di atas KKM meningkat menjadi 25 (69,44%)dari 36 siswa, dan siklus III 30 (81,08%) dari 37 siswa yang dinyatakan berhasil mencapai KKM.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A310/2011-46 |
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, pendekatan VAK (Visual, Auditory, dan Kinestetic),memahami EYD, laporan perjalanan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 05:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 03:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13502 |
Actions (login required)
View Item |