KARTIKA, DENY DWI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERCERITA Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_skripsi.pdf Download (146kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V_revisi.pdf Download (69kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta, peningkatan kemampuan menyimak dengan cerita bergambar di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta, seberapa besar peningkatan kemampuan menyimak dengan metode bercerita di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode bercerita, dengan jumlah anak 18 anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan menyimak sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak untuk maju kedepan dan untuk melihat anak yang menyimak cerita yang disampaikan serta mengumpulkan gambar–gambar cerita. Data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu perbandingan melalui prosentasi melalui siklus–siklus. Berdasarkan hasil perhitungan per siklus tentang menyimak dengan metode Bercerita di dapat pra siklus 50,59%, Siklus I 68,39%, Siklus II 75,22%, Siklus III 90,92%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B melalui metode bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan Surakarta tahun Pelajaran 2010 / 2011 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang diperkirakan 85% ternyata pada siklus III sudah melebihi dari perkiraan yaitu 90,92%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menyimak, metode bercerita, cerita bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 05:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2011 05:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13501 |
Actions (login required)
View Item |