UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK DI BA AISYIYAH BAKIPANDEYAN O2 SUKOHARJO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2010/2011

PURWANTI, EMI (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK DI BA AISYIYAH BAKIPANDEYAN O2 SUKOHARJO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_1.pdf

Download (785kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Motivasi belajar membaca anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak adalah melalui media Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar membaca anak melalui media Big Book. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di BA Aisyiyah Bakipandeyan 02 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data motivasi belajar membaca dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data pembelajaran membaca melalui media Big Book dikumpulkan melalui lembar observasi catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar membaca anak dengan menggunakan media Big Book yakni sebelum tindakan 36.19%, siklus I mencapai 48.84%, siklus II mencapai 64.27%, dan siklus III mencapai 88.50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Big Book dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Big Book , Motivasi Belajar Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:59
Last Modified: 21 Jul 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item View Item