Fanti, Iis Utomo (2008) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI METODE PEMBELAJARAN GURU DAN INTELLIGENCE QOUTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KELAS VIII PROGRAM AKSELERASI DI SMP NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Univwesitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A220040009.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa mengenai metode pembelajaran guru dan Intelligence Qoutient terhadap prestasi belajar pada kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 22 orang siswa yang diambil dengan menerapkan teknik Prosedur Penentuan populasi, yaitu populasi penelitian dan prosedur penentun populasi Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok angket, metode angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi siswa mengenai metode pembelajaran guru. Untuk menentukan nilai Intelligence Qoutient mengunakan data yang dimiliki oleh sekolah. Di samping itu digunakan pula metode bantu berupa observasi dan wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus:......... Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 5 setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 (2;19;0,05) pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 0,195 dan pada taraf signifikansi 1% ditentukan besarnya Ftabel = 0,235. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf siginifikansi 5% yaitu bahwa 5 > 0,195 atau 5 > 0,235 pada taraf siginifikansi 1%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan pengaruh persepsi siswa mengenai metode pembelajaran guru dan Intelligence Qountient terhadap prestasi belajar pada kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 20.8%, sedangkan Intelligence Qoutient pengaruh sebesar 19.86%. Dengan demikian berarti masih ada faktor-faktor lain yang besarnya 59.34% yang secara efektif mempengaruhi prestasi belajar yang dicapai siswa Hasil penelitian ini ternyata menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan mengenai metode pembelajaran guru dan Intelligence Qountient terhadap prestasi belajar pada kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 2 Surakarta. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin baik metode pembelajara guru dan hasil yang tinggi dari nilai Intelligence Qoutient akan dapat meningkatkan prestasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intelligence Qoutient, prestasi belajar, metode pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Jul 2008 04:37 |
Last Modified: | 01 Feb 2011 05:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/135 |
Actions (login required)
View Item |