Susilowati, Ugulia Meri (2008) PERANAN MENTORING AL – ISLAM DALAM PENDISIPLINAN SHOLAT MAHASISWI UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100030113.pdf Download (278kB) |
|
PDF
F100030113.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
Abstract
Kegiatan mengumpulkan ilmu dan harta pasti tidak akan lepas dari kerja keras dan pemanfaatan waktu, tenaga, dan biaya secara efisien. Kesibukan inilah yang seringkali menggoda manusia untuk melupakan Allah, saudara sesama muslim dan bahkan dirinya sendiri. Melupakan Allah karena lupa berdo’a dan berterima kasih (bersyukur) kepada Allah melalui kegiatan Shalat, karena pada hakekatnya shalat merupakan salah satu ekspresi kesyukuran manusia kepada Allah SWT. Melupakan manusia lainnya karena tidak sempat lagi sholat berjamaah dengan keluarga dan sesama muslim lainnya. Melupakan diri sendiri karena tidak lagi membina fisik dan mental secara rutin melalui kegiatan shalat. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan mentoring dalam pendisiplinan sholat mahasiswi UMS. Untuk mengetahuinya metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : wawancara dan observasi. Subjek penelitian berjumlah 6 orang dan 2 sebagai subjek pendukung. Pemilihan subjek didasarkan pada mahasiswi semester 3 yang telah mengikuti mentoring. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 6 informan yang dipakai 5 diantaranya kurang adanya perubahan dalam pendisiplinan sholatnya dan 1 informan sudah disiplin sholatnya sebelum mengikuti mentoring. Sehingga dapat diketahui bahwa mentoring kurang berperan dalam pendisiplinan sholat mahasiswi UMS hal ini terjadi karena tidak adanya materi tentang sholat secara detail. Diharapkan mahasiswi yang rajin dalam mengikuti mentoring akan terjadi pembinaan dalam pribadinya, bahkan dengan aktif menghadiri mentoring terjadi peningkatan atau perbaikan bukan hanya dalam ibadah tetapi juga dalam pemahaman tentang ajaran-ajaran Islam atau ilmu-ilmu Islam yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa informan mengalami peningkatan dalam membaca Al-Qur’an. Adapun faktor-faktor yang dapat membuat informan melakukan sholat dengan tepat waktu yaitu ketepatan dan disiplin, kesadaran dan tanggung jawab, kekuatan kehendak, dan kebersamaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mentoring, pendisiplinan sholat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 May 2009 06:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2011 04:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1347 |
Actions (login required)
View Item |