PERBEDAAN PENGARUH MODEL PERMAINAN KOOPERATIF DAN MODEL PERMAINAN ASOSIATIF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK

MAULA, ATIYATUL (2011) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PERMAINAN KOOPERATIF DAN MODEL PERMAINAN ASOSIATIF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Daftar_DEPAN.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_OK!.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_OK!.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_OK!.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Ok!.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_OK!.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAmpiran_New__2_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model permainan asosiatif dengan model permainan kooperatif dalam peningkatan keterampilan sosial anak Taman Kanak-kanak. Partisipan penelitian berjumlah 16 anak yang terdiri dari 8 kelompok I dan 8 kelompok II dari TK Batik Pekalongan. Alat ukur yang digunakan adalah skala keterampilan sosial, wawancara, observasi. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah pemberian permainan, kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank test, hasil analisis menunjukkan nilai Z = 0,447 dan p = 0,655 (p > 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model permainan asosiatif tidak ada peningkatan yang signifikan sehingga hipotesis ditolak. Jadi model permainan asosiatif tidak berpengaruh dalam peningkatan keterampilan sosial anak Taman Kanak-kanak. Sedangkan untuk kelompol II diperoleh nilai Z = 2,524 dan p = 0,012 (p < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model permainan kooperatif terjadi peningkatan yang signifikan sehingga hipotesis diterima. Jadi model permainan kooperatif berpengaruh dalam peningkatan keterampilan sosial anak Taman Kanak-kanak. Dan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil Z = -3.386 dan p = 0,001 (p < 0,01) yang berarti signifikan. Hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh model permainan kooperatif dan model permainan asosiatif dalam peningkatan keterampilan sosial pada anak Taman Kanak-kanak. Dimana model permainan kooperatif lebih tinggi daripada model permainan asosiatif dalam peningkatan keterampilan sosial anak Taman Kanak-kanak.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK T100/2011-01
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial Anak, Model Permainan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jul 2011 05:58
Last Modified: 14 Nov 2011 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13444

Actions (login required)

View Item View Item