SANTIKO, RISMAN (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (152kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (DaftarP{ustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (2) Karakteristik penataan ruang dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (3) Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (4) Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, pengamatan berperan serta, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangguli metode dan sumber data, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah 1) Karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, analisis KD dan indikator, menyusun silabus, RPP, dan penilaian. Aktivitas guru dalam mengajar terdiri dari lima aktivitas, yaitu review, overview, presentasi, exercise, dan summary, 2) Karakteristik penataan ruang dalam pembelajaran IPA dengan multimedia difokuskan pada penataan tempat duduk siswa, yaitu penataan yang berprinsip pada kenyamanan belajar. Penataan tempat duduk diatur sesuai dengan maksud pembelajaran, misalnya penataan pada waktu diskusi adalah melingkar atau letter U, 3) Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia dilakukan guru dengan membangun kerjasama dengan siswa dalam pembelajaran. Guru memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran, dengan memberikan kuis, pertanyaan yang bersifat mengetahui pemahaman. Guru membuat kelompok diskusi dengan melibatkan seluruh siswa, 4) Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia difokuskan pada metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah bervariasi, tanya jawab, dan diskusi. Dalam diskusi, interaksi terjalin antara siswa dengan siswa pada saat presentasi dan sesi Tanya jawab, sedangkan dengan guru tidak terjadi karena guru hanya berperan mengawasi jalannya diskusi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran, IPA, multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 05:03 |
Last Modified: | 19 Jul 2011 05:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13439 |
Actions (login required)
View Item |