PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH BERBASIS MUTU (Studi Situs SMP Negeri 1 Gemolong Sragen)

HERAWATI, IDA (2011) PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH BERBASIS MUTU (Studi Situs SMP Negeri 1 Gemolong Sragen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (442kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Tujuan umum adalah mendeskripsikan karakteristik pengelolaan administrasi sekolah berbasis mutu di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. Tujuan khusus adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik administrasi kurikulum di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. (2) Mendeskripsikan karakteristik administrasi kesiswaan di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. (3) Mendeskripsikan karakteristik administrasi sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. (4) Mendeskripsikan karakteristik administrasi keuangan di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen dan arsip (Content Analysis). Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian: (1) Proses administrasi kurikulum yang digunakan oleh SMP Negeri 1 Gemolong Sragen berpedoman pada kurikulum KTSP pada jenjang sekolah menengah yang telah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan penyusunannya mengacu pada panduan penyusunan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (2) Proses penyelenggaraan administrasi kesiswaan di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen disusun untuk memberi petunjuk bagi penyelenggara dan pengelola administrasi kesiswaan dapat tertib dan teratur sehingga mendukung tercapainya tujuan sekolah. Pengaturan kegiatan peserta didik diarahkan pada peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar baik intra maupun ekstrakulikuler, sehingga memberikan konstribusi bagi pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah serta tujuan pendidikan secara keseluruhan. (3) Proses penyelenggaraan administrai sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen, mencakup administrasi perencanaan, pengadaan sarana dan prasarana, administrasi penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana, administrasi pengurusan dan pencatatan, serta administrasi pertanggungjawaban. Administrasi perencanaan pengadaan barang disusun oleh guru diajukan kepada kepala sekolah. Administrasi penggunaan dan pemeliharaan di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen menganut prinsip efektivitas dan efisiensi. (4) Proses penyelenggaraan administrasi keuangan sekolah diupayakan untuk dapat dilakukan secara efisien, untuk itu perlu dikelola dengan baik melalui proses perencanaan, pengorganisasian, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan melaporkan kegiatan keuangan dalam bentuk pelaporan. Administrasi pelaksanaan keuangan sekolah dilaksanakan oleh bendahara dan pemegang buku kas umum yang ditunjuk oleh kepala sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: administrasi, kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2011 07:26
Last Modified: 18 Jul 2011 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item