PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO DAN INDEK HARGA SAHAM TERHADAP VOLUME PENJUALAN SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK DI PT. BURSA EFEK JAKARTA

KURNIAWAN, ARIFIN (2006) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO DAN INDEK HARGA SAHAM TERHADAP VOLUME PENJUALAN SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK DI PT. BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal_Depan.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03_Bab_I.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Bab.2)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab.3)
05_BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab.4 & 5)
06_BAB_IV_DAN_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh tingkat suku bunga deposito dan Indek Harga Saham terhadap Volume Penjualan Saham pada P.T. Bursa Efek Jakarta. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian tidak hanya terbatas pada pengumpulan data, tetapi juga menganalisa dan menginterprestasikan hasil perhitungan data tersebut. Populasi dalam penelitian adalah semua perusahaan go public yang terdaftar di BEJ dengan jumlah sampel data 65 terdiri dari variabel tingkat suku bunga deposito dan harga saham serta volume penjualan saham dari Januari 2000-Juni 2005. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan metode time series. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah berupa data sekunder yang didapat langsung dari BEJ, Bank Indonesia dan sumber-sumber lain dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survei empiris atas data sekunder yang dimaksud. Hipotesa penelitian adalah: Apakah ada pengaruh tingkat suku bunga deposito (X1) dan indek harga saham (X2) terhadap volume penjualan saham (Y). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Uji R Determinan, uji F dan uji t.. Hasil analisis regresi menghasilkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,534, maka variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 53,4% dan variabel lain adalah 46,6%. Uji F, antara variabel (X1) dan (X2) secara bersama-sama terhadap (Y). diperoleh nilai F hitung (36,120) yang lebih besar dari F tabel (3,96), maka variabel (X1) dan (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan saham (Y). Uji t diperoleh nilai t tabel sebesar ± 1,960 dengan df = n-2 untuk n = 65 dan pada tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan hasil nilai t hitung variabel X1 sebesar -2,723. Yang lebih kecil dari -ttabel, maka variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan saham (Y). Sedangkan variabel indek harga saham (X2) diperoleh nilai nilai t hitung sebesar 4,391. Hal ini menujukkan bahwa nilai variabel indek harga saham (X2) ada pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan saham (Y). Dari uji asumsi klasik di indikasikan tidak terjadi penyimpangan normalitas autokorelasi, multikolinieritas dan heteroskedastisitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Volume Penjualan Saham, Tingkat Bunga, Indek Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Jul 2011 09:52
Last Modified: 15 Jul 2011 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item View Item