PENGARUH ANALISIS RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

KURNIAWATI , KURNIAWATI (2006) PENGARUH ANALISIS RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (cover)
KURNIA_1.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
Hal_Depan.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab.2)
Kurnia_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab.III)
KURNIA_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab.IV)
KURNIA_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab.V)
Kurniaa_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh analisis rasio keuangan terhadap kemampuan memprediksi perubahan laba perusahaan manufaktur yang terdaftar di PT Bursa Efek Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di PT Bursa Efek Jakarta sebanyak 154 perusahaan sedangkan sampel diambil sebanyak 45 perusahaan.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode propotional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, di mana data laporan keuangan tahun buku 2001 dan 2002 digunakan untuk menghitung perubahan rasio keuangan, sedangkan data laporan keuangan tahun buku 2002 dan 2003 untuk menghitung perubahan laba. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh temuan bahwa ada pengaruh rasio keuangan terhadap kemampuan memprediksi perubahan laba pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di PT Bursa Efek Jakarta. Perubahan rasio keuangan yang terdiri dari Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Gross Profit Margin secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan laba perusahaan. Hal ini dibuktikan dari uji F di mana F hitung (4,442) > F tabel (2,84). Dari Uji t diperoleh hasil bahwa rasio keuangan yaitu perubahan Debt to Equity Ratio dan perubahan Gross Profit Margin secara parsial (sendiri-sendiri) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan laba perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > 1,96 dan signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis nol ditolak. Sedangkan dalam hal ini perubahan Current Ratio berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap perubahan laba perusahaan karena nilai t hitung < 1,96 dan signifikansi > 0,05 sehingga hipotesis nol diterima. Dari analisis regresi diperoleh koefisien determinasi R2 sebesar 0,276 yang berarti sebesar 27,6% dari variabel perubahan laba perusahaan dapat dijelaskan oleh perubahan ketiga variabel rasio keuangan, sedangkan sisanya 72,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perubahan rasio keuangan, current ratio, debt to equity ratio dan gross profit margin, perubahan laba.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Jul 2011 10:43
Last Modified: 14 Jul 2011 10:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item View Item