UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE SNOWBALL PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011

WINARNI , WINARNI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE SNOWBALL PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas IV yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran IPA, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penguasaan materi pembelajaran IPA melalui metode snowball pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data hasil belajar IPA diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep IPA bagi siswa dan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif sebelum tindakan didapat rata-rata nilai siswa sebesar 59,4, rata- rata siklus I meningkat menjadi 66,1, rata-rata siklus II meningkat menjadi 67, dan siklus III meningkat menjadi 70,2. Sedangkan pada aspek afektif rata-rata siklus I sebesar 19, rata-rata siklus II meningkat menjadi 22,3 dan siklus III meningkat menjadi 26. Pada aspek psikomotor rata-rata siklus III 12,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Snowball meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pokok Energi Alternative siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode snowball, hasil belajar bagi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 09:37
Last Modified: 11 Jul 2011 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item View Item