PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS V SD NEGERI PATEMON 02 KEC TENGARAN, KAB SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011

YUSTANIA , RIKA (2011) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS V SD NEGERI PATEMON 02 KEC TENGARAN, KAB SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dan bimbingan sosial terhadap perkembangan kepribadian kelas V SD, di SDN Patemon 02. Dalam penelitian ini sampel diambil siswa kelas V SDN Patemon 02 sebanyak 30 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data bimbingan kelompok, bimbingan sosial dan perkembangan kepribadian Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Hasil uji t untuk variabel (X1)  sebesar 2,518 dengan probabilitas sebesar 0,018, karena probabilitas 0,018 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kepribadian siswa. Untuk variabel X2 hasil uji t sebesar 2,731 dengan probabilitas sebesar 0,011, karena probabilitas 0,011 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan sosial berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kepribadian siswa. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 9,356 dan Ftabel sebesar 3,32 atau Fhitung > F tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok (X1) dan bimbingan sosial (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kepribadian (Y). Untuk uji R2 diperoleh angka sebesar 0,409 artinya bahwa perkembangan kepribadian dipengaruhi oleh bimbingan kelompok dan bimbingan sosial sebesar 40,9% dan sisanya 59,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Bimbingan Sosial, Perkembangan Kepribadian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 09:13
Last Modified: 11 Jul 2011 09:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item View Item