HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN WISATA DENGAN LOYALITAS PENGUNJUNG WISATA GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU KARANGANYAR

Qoyyumi, Annisa Nurul (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN WISATA DENGAN LOYALITAS PENGUNJUNG WISATA GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040197.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
F100040197.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dianggap memiliki kemampuan untuk menyumbangkan devisa terbesar setelah minyak dan gas bumi. Akan tetapi saat ini dunia kepariwisataan Indonesia tengah mengalami penurunan, hal ini dapat dilihat dari perolehan devisa yang menurun dibandingkan dengan pendapatan beberapa tahun kebelakang. Beberapa penyebabnya adalah kasus bencana alam yang terjadi di Indonesia yang sangat jelas mempengaruhi dan mengembuskan kecemasan mendalam akan mengguncang dunia pariwisata Indonesia dan masalah travel warning (peringatan untuk bepergian) ke Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan loyalitas pengunjung tempat wisata. Hipotesis yang diajukan: ada hubungan positif antara persepsi terhadap dimensi kualitas pelayanan dengan loyalitas pengunjung tempat wisata. Sampel penelitian memiliki karakteristik : a) sudah pernah mengunjungi lokasi wisata Tawangmangu minimal 1 kali; b) berusia antara 25 sampai 50 tahun dan lancar baca tulis bahasa Indonesia; c) pendidikan minimal lulus SD. Jumlah sampel penelitian sebanyak 146 orang. Alat pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap kualitas pelayanan dan loyalitas pengunjung. Teknik analisis data mengunakan analisis product moment dan stepwise. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,327; p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan loyalitas pengunjung. Peranan atau sumbangan efektif persepsi terhadap kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung sebesar10,7% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,107. Berarti masih terdapat 89,3% variabel lain yang mempengaruhi loyalitas pengunjung di luar variabel persepsi terhadap kualitas pelayanan seperti objek kunjungan, citra, status sosial ekonomi dan faktor kondisi alam. Berdasarkan hasil pengakategorian variabel diketahui persepsi terhadap kualitas pelayanan mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 96,068 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 82,5 yang berarti persepsi terhadap kualitas pelayanan pada subjek tergolong tinggi. Variabel loyalitas pengunjung diketahui rerata empirik (RE) sebesar 69,178 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 70 yang berarti loyalitas pengunjung pada subjek penelitian tergolong sedang Berdasarkan hasil analisis stepwise model akhir diketahui bahwa aspek persepsi terhadap kualitas pelayanan yang paling dominan memberi sumbangan efektif terhadap loyalitas pengunjung adalah aspek Empati (X4) sebesar 13,374%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, loyalitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2009 04:13
Last Modified: 24 Feb 2011 04:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item