UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAREN I KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 

ZAINUDIN , AKHMAD (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAREN I KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi alat pencernaan manusia melalui metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 29 siswa, siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus. Dengan penerapan pembelajaran metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijabe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 17,41 %, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 64,48 menjadi 81,89. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan sebesar 93,10%, dari kondisi awal yang sudah tuntas sesuai standar KKM hanya 9 siswa menjadi 27 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen mengalami peningkatan hasil belajar IPA materi alat pencernaaan manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Quiz, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 05:21
Last Modified: 05 Jul 2011 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item