PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011)

Proborini , Ellen (2011) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika setelah metode Rotating Trio Exchange diterapkan. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Pancur dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan pada sebelum tindakan sebanyak 28,6 %, putaran III meningkat menjadi 74,36 %. Kemampuan untuk menjawab pertanyaan pada sebelum tindakan sebanyak 17,16 %, putaran III meningkat menjadi 62,92 %. Peningkatan perhatian siswa terhadap penjelasan guru pada sebelum tindakan sebanyak 42,9 %, putaran III meningkat menjadi 82,94 %. Kemampuan siswa untuk bekerjasama dalam kelompoknya dari sebelum tindakan sampai putaran III meningkat dari 42,9 % menjadi 68,64 %. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan metode Rotating Trio Exchange.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Rotating Trio Exchange.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:10
Last Modified: 05 Jul 2011 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item View Item