PURWANTI , PURWANTI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 2) Mendiskripsikan pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 3) Mendiskripsikan pengaruh antara pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Diponegoro Salatiga yaitu sebanyak 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 (dibulatkan menjadi 90) siswa dengan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 40,139+ 0,440X1 + 0,198X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,330 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 24,912%; 2) Ada pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabelp, yaitu 2,116 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 9,688%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,044 > 3,101 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,346 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga adalah sebesar 34,6%, sedangkan 65,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, proporsi waktu belajar, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 04 Jul 2011 09:14 |
Last Modified: | 04 Jul 2011 09:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13268 |
Actions (login required)
View Item |