USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JATIBATUR 2 GEMOLONG SRAGEN

HANDAYANI , RIANA (2011) USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JATIBATUR 2 GEMOLONG SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Setelah diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing diperoleh hasil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (40%), siklus I sebanyak 14 siswa (70 %), siklus II sebanyak 18 siswa (90 %). Siklus dihentikan karena hasil yang diperoleh siswa telah mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 09:09
Last Modified: 28 Jun 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item View Item