ERNAWATI , ERNAWATI (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepogo Boyolali. Sampel diambil sebanyak adalah 39 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 11,361 + 0,879X1 + 0,962X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan media pembelajaran guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,632 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan efektif sebesar 18,032%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,932 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan efektif sebesar 21,168%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan media pembelajaran guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,604 > 3,259 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,392. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,392 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 39,2%, sedangkan 60,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-34 |
Uncontrolled Keywords: | profesionalisme guru, media pembelajaran guru, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2011 04:33 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13093 |
Actions (login required)
View Item |