PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010/2011

GUSTINA , ERMA WIDYA (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melalui strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010/2011. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah dan drill, akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bahasa inggris Classroom Action Research, Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data dengan triangulasi sumber data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator pencapaian dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum tindakan tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Ekonomi materi Pasar, Sektor usaha formal dan informal sebagai pelaku ekonomi, Pajak pada kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta masih rendah, keaktifan yang diamati dalam penelitian ini adalah keaktifan turut serta dalam melaksanakan tugas belajar, terlibat dalam pemecahan masalah, bertanya kepada guru dan siswa lain, menjawab pertanyaan dan memberikan pendapat, terlibat dalam diskusi kelompok, mengerjakan soal latihan. Keaktifan awal siswa sebelum dilaksanaklan tindakan 12% meningkat menjadi 78,66% hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja yang ditetapkan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi pembelajaran Index Card Match yang berhasil harus memperhatikan: kejelasan pemberian perintah kepada siswa sewaktu melakukan strategi pembelajaran, pada waktu peneliti memerintahkan siswa untuk mempelajari materi pembelajaran peneliti harus benar-benar memastikan semua siswa membaca materi tersebut dengan cara berkeliling kelas agar pada saat pelaksanaan tindakan mencari pasangan berjalan dengan lancar serta tidak mengulur waktu, pada saat siswa mencari pasangan peneliti harus selalu berkeliling kelas mengawasi siswa agar kegaduhan dapat di antisipasi, peneliti harus memaksimalkan memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk berani bertanya dan memberikan pendapat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Keaktifan siswa, Siklus, Tindakan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2011 04:28
Last Modified: 24 Jun 2011 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item