PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO

KUSNODO , KUSNODO (2010) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (751kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 2) pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 3) pengaruh kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 226 siswa. Sampel diambil sebanyak 56 siswa dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kesiapan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,650 > 1,998 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Pengulangan materi pelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,530 > 1,998 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014. 3) Kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 191,894 > 3,143 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan efektif 60,13%. Variabel pengulangan materi pelajaran memberikan sumbangan efektif 25,77%. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,859, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar adalah sebesar 85,9% sedangkan 14,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan belajar, Pengulangan Materi Pelajaran dan prestasi belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2011 04:06
Last Modified: 24 Jun 2011 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13088

Actions (login required)

View Item View Item