UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MENERAPKAN METODE SOSIODRAMA PADA KELOMPOK B-2 DI TK AISYIYAH PUCANGAN I KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

NANIK , ACIK IRA (2011) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MENERAPKAN METODE SOSIODRAMA PADA KELOMPOK B-2 DI TK AISYIYAH PUCANGAN I KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama. Kecerdasan interpersonal pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal adalah dengan menerapkan metode sosiodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B-2 di TK Aisyiyah Pucangan I Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran sosiodrama dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni sebelum tindakan 38.25%, siklus I mencapai 60.19%, siklus II mencapai 73.50%, dan siklus III mencapai 83.23%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 08:58
Last Modified: 23 Jun 2011 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item