DARMAYATI, LULU KESUMA (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( PTK Kelas V SD N Masaran 1 Kab. Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Masaran 1 Kab. Sragen yang berjumlah 25 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah keaktifan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 8%, sesudah tindakan 48%, 2) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal- soal latihan di depan kelas, sebelum tindakan 16%, sesudah tindakan 72%, 3) keaktifan mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan 8%, sesudah tindakan 56%, 4) keaktifan siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 20%, sesudah tindakan 68%, 5) keaktifan siswa menyanggah atau menyetujui ide teman 12%, sesudah tindakan 72%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya 48%, sesudah tindakan prestasi belajar siswa 88%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, pembelajaran kooperatif tipe think pair share |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2011 07:06 |
Last Modified: | 23 Jun 2011 08:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13073 |
Actions (login required)
View Item |