STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

KURNIAWAN , DIKA FELANI (2011) STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HAL_DEPAN.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara strategi NHT dan STAD pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01. Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,710>1,670) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan strategi NHT (8,00) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan strategi STAD (7,40) atau terdapat selisih (0,60). Artinya pembelajaran dengan strategi NHT lebih baik (lebih efektif) adalah meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi NHT, strategi STAD dan hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 05:42
Last Modified: 23 Jun 2011 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13069

Actions (login required)

View Item View Item