UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NGEMBAT PADAS I GEMOLONG TAHUN AJARAN 2010/2011

WAHYUNINGSIH , TRI (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NGEMBAT PADAS I GEMOLONG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Cooperative Script. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Ngembat Padas I Gemolong yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA, khususnya materi sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1). Bertanya/ Mengajukan Pertanyaan sebelum tindakan sebesar 13,16%, pada siklus I sebesar 26,32%, pada siklus II sebesar 47,37%, dan diakhir siklus sebesar 65,79%. 2). Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 0%, pada siklus I sebesar 36,84%, pada siklus II sebesar 52,63%, dan diakhir siklus sebesar 73,68%. 3). Menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,68%, pada siklus I sebesar 39,47%, pada siklus II sebesar 57,89%, dan diakhir siklus sebesar 84,21%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA Khususnya materi sumber daya alam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, Cooperative Script
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 05:47
Last Modified: 21 Jun 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item