PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENALARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALL (PTK Pembelajaran Matematika SMP N 2 Colomadu Kelas VII Semester Genap Tahun 2010/2011)

IRAWAN , DEDI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENALARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALL (PTK Pembelajaran Matematika SMP N 2 Colomadu Kelas VII Semester Genap Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar melalui strategi pembelajaran aktif tipe Snow Ball, dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe Snow Ball. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Colomadu, yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 6,06%, putaran I 9,09%, putaran II 24,24%, dan di akhir 36,36 %. b) mempresentasikan pendapat atau gagasan atau hasil pemikirannya sebelum tindakan 9,09%, putaran I 12,12%, putaran II 18,18% dan di akhir tindakan 24,24%, dan (2) Ada peningkatan kemampuan penalaran yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 meliputi: a) kemampuan mengkonstruksi soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 9,09%, putaran I 9,09%, putaran II 60,60%, putaran III 84,85%, b) ketepatan dalam penggunaan rumus sebelum tindakan 45,45%, putaran I 45,45%, putaran II 54,54%, putaran III 69,69%, dan c) proses penghitungan dalam menyelesaikan soal matematika sebelum tindakan 27,27%, putaran I 39,39%, putaran II 54,54%, putaran III 57,58%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Ball dapat meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan-belajar, kemampuan-penalaran, snow-ball.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 08:31
Last Modified: 20 Jun 2011 08:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item