HARDIYANTI , INTAN RATNAFURI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAY BAGI SISWA KELAS III SEMESTER GENAP SD NEGERI BANYUAGUNG 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (161kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Role Play dalam pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui strategi pembelajaran Role Play dalam pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian, penelitian kualitatif. Desain penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas III, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas III SD Negeri Banyuagung 2 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas III yang berjumlah 50 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 14% menjadi 52%; 2) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 22% menjadi 60%; 3) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide, dari 20% menjadi 54%; 4) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, dari 26% menjadi 78%; 5) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mempresentasika hasil pekerjaan, dari 28% menjadi 56%; dan 6) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal dengan KKM 65, dari 30% menjadi 84%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Role Play dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi, role play. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 07:50 |
Last Modified: | 20 Jun 2011 07:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13030 |
Actions (login required)
View Item |