ANALISIS KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP SIKAP KONSUMEN (Study Kasus Counter Hp Di Wilayah Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen)

Agus, Winarno (2008) ANALISIS KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP SIKAP KONSUMEN (Study Kasus Counter Hp Di Wilayah Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100010017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh karakteristik produk (kualitas produk, harga, dan lokasi) terhadap sikap konsumen dalam memilih counter HP dan (2) faktor manakah dari ketiga faktor tersebut yang dominan pengaruhnya terhadap sikap konsumen dalam memilih counter HP di Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. Penelitian merupakan deskriptif dengan uji hipotesis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran dari suatu pendapat atau untuk meneliti hubungan antar variabel dengan melalui uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan pengguna counter HP di Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu data yang berupa angket, dan data sekunder yang berupa dokumentasi atau catatan yang berhubungan dengan obyek penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna jasa atau konsumen counter HP di kecamatan Tanon pada periode pengamatan, sedangkan sampel sebanyak 60 orang dengan teknik sampling incidental sampling. Metode analisis yang peneliti gunakan adalah sebagai berikut : (1) Analisis Kualitatif, yaitu analisis dengan cara menjelaskan permasalahan tanpa menggunakan perhitungan statistik, (2) Analisis Kuantitatif, yaitu analisis menggunakan perhitungan statistik, sehingga hipotesis dapat diuji. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis uji regresi berganda, uji determinasi, analisis korelasi, uji t, dan uji F.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil uji regresi berganda berupa persamaan regresi Y = 0,016 + 0,196X1 + 0,474X2 + 0,227X3, (2) uji t menunjukkan ketiga variabel bebas memiliki nilai thitung (tx1= 4,819, tx2 = 5,112,dan tx3 = 4,459) lebih besar dari ttabel sehingga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap sikap konsumen, (3) Freg = 10,385 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap sikap konsumen, (4) berdasarkan nilai thitung masing-masing variabel bebas, variabel harga memiliki nilai thitung tertinggi dan memiliki hubungan atau korelasi yang paling dominan terhadap sikap konsumen, dan (5) Koefisien determinasi sebesar 0,405 atau 40,5%, sehingga variasi perubahan sikap konsumen dipengaruhi perubahan variabel bebas yang terdiri dari kualitas produk,harga, dan lokasi sebesar 40,5%, sedangkan sisanya 59,5% variasi perubahan sikap konsumen pada konsumen Counter HP di Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. disebabkan oleh variabel lain di luar model penelitian.Kata kunci: pelayanan, harga, lokasi, dan minat membeli konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelayanan, harga, lokasi, dan minat membeli konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 18 May 2009 08:33
Last Modified: 21 Nov 2019 03:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item