Widartiningsih, Widartiningsih and -, Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and -, Dr. Yulia Maftuhah Hidayati, M.Pd. (2024) Analisis Pembelajaran Matematika Dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab(Studi Kasus Siswa SD Negeri Sapen 03). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL WIDARTININGSIH.pdf Download (509kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I WIDARTININGSIH.pdf Download (479kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II WIDARTININGSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III WIDARTININGSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV WIDARTININGSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V WIDARTININGSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN WIDARTININGSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA WIDARTININGSIH.pdf Download (478kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN WIDARTININGSIH (3).pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah (1) Menganalisis guru dalam menerapkan metode pembelajaran matematika untuk menanamkan karakter tanggung jawab. (2) Mengidentifikasi tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika yang menanamkan karakter tanggung jawab. (3) Menganalisis peran lingkungan sekolah dalam mendukung penanaman karakter tanggung jawab melalui pembelajaran matematika. Penelitian ini yakni menggunakan jenis penelitian kualitatif desain fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2024-Juli 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data yakni dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas mengenai penerapan strategi pembelajaran matematika untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa SDN 03 Mojolaban. Dalam perencanaan pembelajaran, karakter tanggung jawab diintegrasikan ke dalam kurikulum melalui metode kontekstual, diskusi kelompok, dan tugas individu serta kelompok dengan batas waktu. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa siswa mulai mengembangkan rasa tanggung jawab, terlihat dari keterlibatan mereka dalam tugas kelompok dan pengelolaan waktu. Evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa siswa menunjukkan perkembangan positif dalam disiplin dan tanggung jawab. Respon siswa terhadap metode pembelajaran ini awalnya bervariasi, tetapi seiring waktu, banyak siswa yang menunjukkan peningkatan dalam kemandirian dan partisipasi aktif. Lingkungan sekolah juga berperan penting, dengan dukungan fasilitas yang memadai dan komitmen dari kepala sekolah dan staf, menciptakan budaya yang mendukung penanaman karakter tanggung jawab. Program ekstrakurikuler seperti pramuka dan kegiatan numerasi juga berkontribusi dalam membentuk karakter ini, menjadikan siswa lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Pembelajaran Matematika; Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | E Education > Theory and practice of education > Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | WIDARTININGSIH |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:46 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/129062 |
Actions (login required)
View Item |