Putri, Fadhila Harum and , Dr Andika Sanjaya, S.I.Kom, M.Si (2024) Analisis Framing Robert Entman Pada Pemberitaan Buzzer Era Kampanye Pemilu 2024 Di Kompas.Com. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
L100200269_Naspub.pdf Download (271kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
Abstract
Perbincangan mengenai perubahan makna buzzer kembali menjadi sorotan pada era pemilu 2024. Istilah buzzer yang dikenal sebagai salah satu bentuk strategi marketing berubah karena adanya campur tangan politik didalamnya. Pembahasan dari buzzer ini tidak lepas dari adanya analisis framing dan konstruksi realitas sosial. Dimana media online kompas.com ini dijadikan target penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana framing dan konstruksi realitas yang dilakukan media online kompas.com dalam membingkai pemberitaan yang membahas terkait buzzer pada era kampanye politik 2024 dan ingin menambahkan ilmu terkait framing terhadap opini publik tentang buzzer di era kampanye politik 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan membatasi waktu pengumpulan informasi pada tanggal 28 November 2023 sampai dengan 13 Februari 2024 dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dalam pengumpulan datanya. Dari pengumpulan data selama periode tersebut berhasil membuahkan 6 pemberitaan yang membahas terkait buzzer. Analisis Framing dalam penelitian ini menggunakan model Analisis Framing milik Robert Entman yang memiliki empat tahapan dalam membingkai berita, yaitu: Define Problem, Diagnose Causes, Make Moral Judgement dan Treatment Recommendation. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa bingkai dan konstruksi pesan yang dilakukan oleh media online kompas.com ini diambil dari pernyataan narasumber yang diwawancarainya. Dimana setiap pemberitaan yang disajikan memiliki penekanan pesan yang berbeda. Dalam Framing media online kompas.com ini dapat menerangkan dalam seberapa besar penggambaran aktor atau peristiwa yang sedang terjadi saat peliputan berita, yang mana pembingkaian berita dapat menjadi mepengaruh dalam pengambilan keputusan baik secara langsung maupun tidak langsung pada opini publik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buzzer,Framing Robert Entman, Kompas.com, Media Online |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications H Social Sciences > HE Communications > Media Massa H Social Sciences > HE Communications > Social Media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FADHILA HARUM PUTRI |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:06 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/128956 |
Actions (login required)
View Item |