Putri, Vica Kumalasaru (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN DAN MOTIVASI MEMBUAT SIM DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100040247.pdf Download (105kB) |
|
PDF
F100040247.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
Abstract
Lalu lintas yang memadai akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, karena dalam jaman yang serba modern ini lalu lintas merupakan faktor utama pendukung produktifitas masyarakat sehingga pemerintah wajib memberikan pelayanan yang menyangkut dengan lalu lintas. Salah satunya adalah mengenai aturan wajib kepemilikan SIM (Surat Ijin Mengemudi). Oleh karena itulah Kepolisian sebagai badan yang bertanggungjawab untuk memberikan jaminan kepuasan kepada masyarakat dalam berlalulintas. Surat Ijin Mengemudi menjadi aturan mutlak dari pemerintah bagi warganya yang ingin aman berlalulintas. Kepuasan masyarakat tersebut dapat dipengaruhi antara lain persepsi masyarakat terhadap kualitas jasa pelayanan dan kebutuhan/motif dasar. Karena itulah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan dan motivasi membuat SIM terhadap kepuasan masyarakat. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1). Ada hubungan antara persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan dan motivasi membuat SIM dangan kepuasan masyarakat, (2). Ada hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan dangan kepuasan masyarakat (3). Ada hubungan positif antara motivasi membuat SIM dangan kepuasan masyarakat. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Demak yang sedang membuat SIM di SATPAS SIM Polres Demak. Subjek penelitian berjumlah 94 orang. Subjek penelitian didapat dengan menggunakan teknik incidental non random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan, skala motivasi membuat SIM, dan skala kepuasan masyarakat. Dari hasil analisis data diketahui ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan dan motivasi membuat SIM dangan kepuasan masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan korelasi R 0,406 dan F regresi sebesar 7,632 dengan p<0,05. Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan dangan kepuasan masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai rparx1y sebesar 0,394 dengan p<0,01. Hasil korelasi rparx2y sebesar 0,049 dengan p>0,05, berarti ada hubungan positif yang sangat nirsignifikan antara motivasi membuat SIM dangan kepuasan masyarakat Dengan total sumbangan efektif persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan dan motivasi membuat SIM terhadap kepuasan masyarakat sebesar 16,501%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi terhadap kualitas jasa pelayanan, motivasi membuat SIM, kepuasan masyarakat. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 May 2009 02:03 |
Last Modified: | 24 Feb 2011 05:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1288 |
Actions (login required)
View Item |