Strategi Respon Krisis Pemerintah Dan Kementerian Lembaga Terkait (Bapanas Dan Perum Bulog) Mengenai Kenaikan Harga Beras Tahun 2024 Pada Media Online (Analisis SCCT Pada Pemberitaan Media Online Kompas Dan CNBC Indonesia)

Zalzabilla, Zaenab and , Rona Rizkhy Bunga Chasana, S.I.Kom, M.A. (2024) Strategi Respon Krisis Pemerintah Dan Kementerian Lembaga Terkait (Bapanas Dan Perum Bulog) Mengenai Kenaikan Harga Beras Tahun 2024 Pada Media Online (Analisis SCCT Pada Pemberitaan Media Online Kompas Dan CNBC Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ZAENAB ZALZABILLA .pdf

Download (414kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Beras merupakan bahan pangan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Maka dari itu, sebagai penanggung jawab dalam menyediakan kebutuhan pangan bagi setiap masyarakat, Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional, dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik untuk melakukan pengendalian terhadap penyaluran stok beras. Pemberitaan mengenai penetapan HET (Harga Eceran Tertinggi) beras kualitas medium membuat banyaknya respon dari masyarakat terhadap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi respon krisis yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia bersama Badan Pangan Nasional dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik dalam menghadapi krisis yang terjadi akibat kenaikan harga beras pada tahun 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Situational Crisis Communication Theory (SCCT) dengan pengukuran kategorisasi respon krisis. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan pemberitaan yang dimuat pada pemberitaan media massa online yaitu KOMPAS.com dan CNBC Indonesia pada periode waktu 1 Januari - 23 Maret 2024. Berdasarkan analisis yang dilakukan sebanyak 42 artikel berita dalam kedua media online tersebut, peneliti menemukan kategorisasi respon krisis yang paling dominan dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, Badan Pangan Nasional, dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik adalah justification. Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia Bersama Badan Pangan Nasional dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik bertindak secara bertanggung jawab untuk mengurangi dampak negatif dari krisis yang terjadi saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kenaikan harga beras, Respon krisis, Situational Crisis Communication Theory
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ZAENAB ZALZABILLA
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:27
Last Modified: 02 Oct 2024 08:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/128259

Actions (login required)

View Item View Item