JUPRIYANTO , JUPRIYANTO (2011) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (370kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (260kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12 dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25 diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5% dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning tipe STAD, Metode Konvensional, dan Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2011 09:10 |
Last Modified: | 07 Jun 2011 09:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12816 |
Actions (login required)
View Item |