PENGARUH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2008

Endriani, Santi (2010) PENGARUH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] Microsoft Word (Abstrak & Daf. pustaka)
File_3._Abstraksi_dan_Daftar_Pustaka.doc

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Cover & Bab 1)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_Santi_Endriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Investor yang akan melakukan transaksi di pasar modal, biasanya akan mendasarkan keputusannya pada berbagai informasi yang dimilikinya, baik informasi yang tersedia di publik maupun informasi pribadi seperti halnya pengumuman right issue. Tujuan pokok penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh pengumuman right issue terhadap perubahan return saham perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian event study. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2005 sampai dengan 2008 yang berjumlah 254 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan. Data yang digunakan adalah data harga saham harian dan indeks harga saham gabungan (IHSG) masing-masing perusahaan yang diperoleh dari ICMD. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji t diperoleh nilai thitung < dari ttabel, artinya nilai rata-rata abnormal return pada hari +5 hingga -5 hari setelah pengumuman right issue tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pengumuman tersebut tidak mengandung informasi karena pengumuman tersebut tidak menyebabkan terjadinya reaksi pasar. Berdasarkan nilai rata-rata abnormal return dapat diketahui bahwa mulai dari hari -1 hingga +3 dan +5 terjadi rata-rata abnormal return yang positif. Sedangkan pada hari -3 hingga -5 dan +4 terjadi rata-rata abnormal return yang negatif. Reaksi terbesar dari pasar terjadi di hari +2, yaitu dua hari setelah diumumkannya right issue.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Right Issue, harga saham, IHSG
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 03 Jun 2011 09:50
Last Modified: 03 Jun 2011 09:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item