PENGARUH COMPUTER ANXIETY TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER (Survey pada Karyawan Bank di Kabupaten Blora)

ARIFIYANTO, DANANG DWI (2010) PENGARUH COMPUTER ANXIETY TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER (Survey pada Karyawan Bank di Kabupaten Blora). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] Microsoft Word (Abstrak & Daf. Pustaka)
ABSTRAKSI+DAFTAR_PUSTAKA.doc

Download (32kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
FILE_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
FILE_II.pdf

Download (149kB)

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi dengan infrastruktur dan titik layanan telah jauh berkembang dengan cukup baik di Indonesia. Sampai saat ini banyak organisasi yang menggunakan sistem komputer (computerized). Teknologi komputer memiliki kemampuan untuk memperngarui efesiensi dan produktivitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh computer anxiety ditinjau dari aspek fear dan anticipation terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan computer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan perbankan yang berada di Kabupaten Blora. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Semua kuesioner sebanyak 45 kuesioner memenuhi persyaratan untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sedangkan pengujian data diolah menggunakan progam SPSS Ver. 11.0 yang terlebih dahulu diuji menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Computer anxiety yang diukur pada aspek fear (-2,797) mempunyai pengaruh negatif terhadap keahlian dalam menggunakan komputer dan H1 diterima. Artinya semakin takut seseorang dalam menggunakan komputer akan menyebabkan semakin rendahnya tingkat keahlian seseorang dalam menggunakan komputer, sebaliknya apabila seseorang merasa senang dan ingin belajar menggunakan komputer akan berakibat pada peningkatan keahlian. (2) Computer anxiety yang diukur pada aspek anticipation (7,953) mempunyai pengaruh positif terhadap keahlian dalam menggunakan komputer dan H2 diterima. Artinya rasa senang dan keinginan belajar menggunakan komputer akan berakibat pada peningkatan keahlian. Pernyataan ini terbukti dari hasil analisis regresi yang menunjukkan nilai thitung diterima pada taraf signifiasi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Computer Anxiety, Fear, Anticipation, Self-Efficancy.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 03 Jun 2011 09:20
Last Modified: 03 Jun 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12771

Actions (login required)

View Item View Item