PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAH TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

DEWI, SYAHRINA NOORMALA (2010) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAH TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan dan Bab1)
Cover_+_Bab_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
Semua_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengungkapkan tanggung jawab sosial pada laporan tahunan dan menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi dalam profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar (Go Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti yang tercantum dalam Indonesia Capital Market Directory (2006-2008). Perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI digunakan sebagai populasi, karena perusahaan tersebut mempunyai kewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan kepada pihak luar perusahaan. Di ICMD tersebut diketahui bahwa jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat (go public) di BEI adalah 146 perusahaan pada tahun 2006 dan 151 pada tahun 2007 dan 2008 yang terbagi dalam 19 kategori perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sesuai dengan kriteria. Metode analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda, menggunakan program SPSS 14.00 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Pengaruh tersebut sebesar 53% sedangkan sisanya sebesar 47 % di pengaruhi faktor-faktor lain. Secara parsial profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan dan hanya ukuran dewan komisaris yang berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Karakteristik Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 01 Jun 2011 10:15
Last Modified: 01 Jun 2011 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item