Implementasi Komunikasi Bencana Dinas PemadanKebakaran Karanganyra melalui Media Sosial Instagram sebagai upaya Mitigasi Bencana Kebakaran

Rohma, Erlika Fitria and , Riski Apriliani, S.I.KOM, M.A. (2024) Implementasi Komunikasi Bencana Dinas PemadanKebakaran Karanganyra melalui Media Sosial Instagram sebagai upaya Mitigasi Bencana Kebakaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
L100200229_Naspub Erlika.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat pernyataan publikasi erlika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)

Abstract

Memerangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pemanasan global, Negara-negara rawan bencana seperti Indonesia perlu meningkatkan metode komunikasi dan pendidikan masyarakat luas. Kesiapsiagaan, tanggapan, pemulihan, dan pencegahan bencana semuanya mendapat manfaat dari peran strategis yang dapat dimainkan media sosial dalam menginformasikan publik, seperti yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Karanganyar menggunakan media sosial melalui handle @damkar_karanganyar untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat Karanganyar serta pemberian edukasi terkait kebencanaan. Dalam postingan instagramnya, Damkar Karanganyar memberikan konten-konten yang berisi edukasi, himbauan serta pemberitaan mengenai kebakaran yang terjadi. Konten-konten yang diberikan oleh Damkar Karanganyar mampu menjadikan kemampuan komunikatif untuk pengurangan risiko bencana kebakaran di Karanganyar, karena dapat memfasilitasi akses publik terhadap informasi tentang bencana kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui begaimana edukasi serta informasi melalui penyajian konten terkait kebencanaan kebakaran di platform instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, serta analisis pada konten media sosial Instagram Damkar Karanganyar untuk mengumpulkan data. Teknik pengolahan data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari konten Instagram Damkar Karanganyar. Teknik analisis data menggunakan model Miels & Hubberman dengan 3 tahapan yaitu kondensi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam postingan instagramnya, Damkar Karanganyar memberikan konten-konten edukasi, himbauan serta pemberitaan mengenai bencana. Konten-konten yang diberikan oleh Damkar Karanganyar mampu menjadikan kemampuan komunikatif untuk pengurangan risiko bencana kebakaran di Karanganyar, karena dapat memfasilitasi akses public terhadap informasi tentang bencana kebakaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bencana kebakaran, Damkar Karanganyar, Edukasi, Informasi, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HE Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ERLIKA FITRIA ROHMA
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:11
Last Modified: 22 Aug 2024 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127626

Actions (login required)

View Item View Item