Rifai, Alfan and , Dr. Muh. Nur Rochim Maksum, M.Pd.I and , Mohammad Zakki Azani, S.Th.I, M.Ed, Ph.D (2024) Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Ditinjau Dari Buku Safahat Min Ṣabril 'Ulama Karya Syekh Abdul Fattah Abul Guddah. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI FIKS BANGET.pdf Download (627kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN FIX BANGET SEMUA PAKE TTD BASAH.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I FIX BANGET.pdf Download (333kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V FIKS BANGET.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru di Indonesia yang belum memenuhi standar kompetensi, terutama dalam aspek kepribadian. Tujuan utama penelitian adalah mengidentifikasi kompetensi kepribadian guru yang digambarkan dalam buku Ṣafaḥât Min Ṣabril `Ulama dan bagaimana para guru terdahulu menguasai kompetensi tersebut. Selain itu, penelitian ini membandingkan kesamaan dan perbedaan antara kompetensi kepribadian yang diuraikan dalam buku tersebut dengan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Ṣafaḥât Min Ṣabril `Ulama dipilih karena berisi kisah-kisah keteladanan para ulama yang relevan dalam pengembangan kepribadian guru PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan postpositivisme, di mana peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan tipe deskriptif, menggunakan pendekatan historis untuk mengungkap kompetensi kepribadian guru di masa lalu. Analisis dilakukan secara komparatif dengan membandingkan kompetensi kepribadian dalam buku Ṣafaḥât Min Ṣabril `Ulama dan peraturan kompetensi guru PAI di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru yang ideal meliputi 38 aspek, termasuk integritas, kepemimpinan, pengelolaan emosi, disiplin, dan spiritualitas. Terdapat delapan metode untuk menguasai kompetensi tersebut, seperti tazkiyatun nafs (pembersihan hati), perjalanan jauh, mentoring, dan pelatihan empati. Penelitian ini juga menemukan 14 kompetensi kepribadian yang sama dan 24 yang berbeda antara kompetensi kepribadian di buku Ṣafaḥât Min Ṣabril `Ulama dan UU No. 14 Tahun 2005. Kesimpulannya, buku Ṣafaḥât Min Ṣabril `Ulama dapat memperkaya kompetensi formal yang diatur oleh undang-undang, serta menjadi panduan praktis bagi guru PAI untuk mengembangkan kepribadian Islami dalam kehidupan sehari-hari dan proses pendidikan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi kepribadian, guru Pendidikan Agama Islam, Ṣafaḥât min Ṣabril `Ulama, Syekh Abdul Fattah Abul Guddah. |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam E Education > Education (General) E Education > Education (General) > Universitas Muhammadiyah Surakarta |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alfan Rifai |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 02:43 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 02:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127469 |
Actions (login required)
View Item |