Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan Business Model Canvas (BMC) sebagai upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Kasus: UB Narendra Jaya)

Rahmadani, Nurul Resti and , Siti Nandiroh, S.T., M.Eng. (2024) Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan Business Model Canvas (BMC) sebagai upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Kasus: UB Narendra Jaya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
D600200077_Naspub Nurul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Tidak Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

UB Narendra Jaya merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang kerajinan bambu, khususnya sasak bambu. Masalah utama yang dihadapi adalah penjualan yang tidak stabil dan kurangnya strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi daya saing UB Narendra Jaya serta merancang strategi pemasaran yang tepat menggunakan analisis SWOT dan BMC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UB Narendra Jaya memiliki kekuatan dalam kualitas produk, namun kelemahan dalam pemasaran digital. Peluang termasuk meningkatnya permintaan produk ramah lingkungan, dengan ancaman dari persaingan ketat dan keterbatasan kapasitas produksi. Dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa UB Narendra Jaya berada di Kuadran 1 dengan skor IFE sebesar 1,49 dan EFE sebesar 1,65. Strategi yang diusulkan mencakup pengembangan pemasaran digital, peningkatan kualitas produk, dan diversifikasi pasar untuk meningkatkan daya saing. Implementasi strategi yang tepat diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar UB Narendra Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BMC, pemasaran, strategi pemasaran, SWOT
Subjects: T Technology > TI Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: NURUL RESTI RAHMADANI
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:56
Last Modified: 20 Aug 2024 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127410

Actions (login required)

View Item View Item