ALIH KODE DAN CAMPUR KODE WACANA HUMOR PADA KOLOM “AH…TENANE” DALAM SURAT KABAR HARIAN SOLOPOS EDISI JANUARI - FEBRUARI 2011

SETYAWAN , IKSAN RESTONI (2011) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE WACANA HUMOR PADA KOLOM “AH…TENANE” DALAM SURAT KABAR HARIAN SOLOPOS EDISI JANUARI - FEBRUARI 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Media elektronik maupun cetak memiliki beragam pilihan baik berupa wacana hiburan maupun informasi, sekarang banyak media elektronik dan media cetak yang dapat dipergunakan untuk mengetahui informasi dunia luar, bahkan informasi tersebut dapat diakses secara bersamaan. Kolom “Ah…Tenane” merupakan salah satu kolom yang terdapat pada surat kabar harian Solopos. Kolom ini hadir setiap hari kecuali hari Minggu. Bentuk “Ah … Tenane” berupa wacana humor. Wacana “Ah .. Tenane” sangat sarat dengan peristiwa alih kode dan campur kode terutama dalam bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk wacana humor pada kolom “Ah…Tenane” dalam surat kabar harian Solopos edisi Januari – Februari 2011, (2), Mengetahui bentuk alih kode dan campur kode wacana humor pada kolom “Ah…Tenane” dalam surat kabar harian Solopos edisi Januari – Februari 2011 , (3) Mengetahui pengaruh alih kode dan campur kode wacana humor pada kolom “Ah…Tenane” dalam surat kabar harian Solopos edisi Januari – Februari 2011 terhadap daya tarik pembaca Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini mampu mendeskripsikan secara teliti dan mendalam fakta-fakta yang diteliti, dalam hal ini bentuk penggunaan alih kode dan campur kode . Dengan kata lain, penelitian deskfiptif kualitatif bertujuan untuk melukiskan, manggambarkan, dan mendeskripsikan secara nyata fakta-fakta yang diteliti. teknik pengumpulan data bersifat non interaktif adalah mencatat dokumen atau arsip. Teknik mencatat dokumen diplih karena sumber data dalam penelitian ini berupa dokumentasi wacana kolom “Ah ... Tenane” surat kabar Solopos. Teknik pengumpulan data tidak hanya sekedar mencatat dokumen, tetapi juga menekankan pada makna. Hasil penelitian diketahui Alih kode dan campur kode sebagian besar diambil dari bahasa Jawa dan hanya sebagian kecil (beberapa kata/istilah) bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Campur kode berbentuk kata dan klausa, sedangkan alih kode berbentuk kalimat ujaran atau kalimat langsung. Campur kode lebih banyak digunakan dalam wacana jenaka “Ah … Tenane” daripada penggunaan alih kode. Kegunaan pemakaian alih kode dan campur kode dalam kolom “Ah … Tenane” adalah untuk lebih menarik membaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alih Kode, Campur Kode, “Ah ... Tenane”, Solopos
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 10:15
Last Modified: 31 May 2011 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item View Item