WARDANI , NINIK INDAR (2011) PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh penggunaan media belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) pengaruh tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) pengaruh penggunaan media belajar dan tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 217 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penggunaan Media belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,334 > 2,026 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,025. 2) Tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,602 > 2,026 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Media belajar dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 17,640 > 3,252 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel penggunaan media belajar memberikan sumbangan efektif 17,5%. Variabel tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 31,3%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 48,8%, sedangkan 51,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 16,214 + 0,749X1 + 0,753X2, yang artinya bahwa nilai koefisien regresi masing-masing variable bebas bernilai positif. Jadi penggunaan media belajar dan tanggung jawab siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan media belajar, tanggung jawab siswa dan prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2011 09:15 |
Last Modified: | 31 May 2011 09:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12721 |
Actions (login required)
View Item |