PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TATA BUKU PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

LESTARI , FAJAR (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TATA BUKU PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover-Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tata buku siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Group Investigation (GI) pada siswa kelas VIII C SMP N 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 2 Sawit yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama guru mata pelajaran tata buku. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran tata buku pada siswa kelas VIII C SMP N 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan atau ide dalam diskusi kelas menunjukkan peningkatan dari 45,45% atau 10 siswa pada siklus I menjadi 73,26% atau 21 siswa pada siklus II; (2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam diskusi kelas menunjukkan peningkatan dari 51,43% atau 12 siswa pada siklus I menjadi 75,82% atau 23 siswa pada siklus II; (3) Dalam kelompok kooperatif, interaksi antar siswa juga menunjukkan peningkatan dari 13 siswa pada siklus I menjadi 24 siswa pada siklus II; (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa dari 54,29% pada saat pra kondisi menjadi 74,29% atau 26 siswa pada siklus I dan menjadi 91,43% atau 32 siswa pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif dengan model Group Investigation (GI), hasil belajar, tata buku
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 09:04
Last Modified: 31 May 2011 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12717

Actions (login required)

View Item View Item